Perangkat input dan output komputer

 Alat Input Komputer

1. key Board



https://www.merdeka.com/trending/fungsi-keyboard-pada-komputer-dan-laptop-yang-perlu-diketahui-kln.html#:~:text=Secara%20umum%2C%20keyboard%20merupakan%20perangkat,dalam%20sistem%20komputer%20melalui%20keyboard

Fungsi keyboard pada komputer dan laptop ternyata dibagi menjadi beberapa jenis. Keyboard sendiri menjadi salah satu perangkat paling penting dalam penggunaan komputer atau laptop.
Secara umum, keyboard merupakan perangkat keras pada komputer atau laptop yang berfungsi sebagai alat untuk input data berupa huruf, angka, dan simbol.
Fungsi keyboard komputer dan laptop tentu sangat penting mengingat sebagian perintah berupa teks dan kontrol lain dimasukkan ke dalam sistem komputer melalui keyboard.
    F1 : Untuk menampilkan menu help     F2 : Bisa digunakan untuk merename.     F3 : Searching.     F4 : Untuk menutup aplikasi.     F5 : Refresh.     F6 : Addressing.     F7 : Memeriksa kesalahan ketik dan ejaan teks.     F8 : Awal perintah penyorotan/pemilihan teks atau objek.     F9 : Mengupdate Field (Mail Merge).     F10 : Bisa digunakan menjadi alternative untuk klik kanan. Perlu dikombinasikan dengan tombol Shift     F11 : Memasukkan field berikutnya (Mail Merge).     F12 : Untuk save as.     Membuat huruf kapital menjadi lowercase ataupun sebaliknya. Caranya dengan menekan tombol Shift sambil mengetik.     Untuk menampilkan karakter yang terdapat pada keyboard.

          2.Mouse



                                                 Sumber :https://www.nesabamedia.com/

Pengertian Mouse

Mouse adalah salah satu hardware komputer yang menerima input-an berupa gerakan, tekanan tombol (click), dan penggulungan (scroll) yang dapat digunakan untuk memilih teks, ikon, file, dan folder. Mouse dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai “tetikus”. Dikatakan demikian karena memang bentuk device ini menyerupai tikus yang kecil meruncing di depan dan menggembung besar di bagian belakang.


Sejarah Mouse

Mouse sendiri telah melalui perkembangan yang sangat pesat dari tahun ke tahun. Beberapa tahun lalu dari segi bentuknya, device ini memilki bentuk yang monoton. Namun kini jika kita berburu di toko komputer baik online maupun di toko komputer, kita akan menjumpai banyak sekali variasi bentuk mouse.


Sekitar 10 tahun lalu bentuk mouse ini masih standar. Masih sangat jarang sekali kita temui mouse gaming saat itu. Akan tetapi kini mouse standar pun banyak yang memiliki bentuk layaknya mouse gaming.


Selain perkembangan dari segi bentuknya, mouse tentunya juga mengalami perkembangan dari segi teknologi maupun kegunaannya. Dari segi teknologi mouse yang dulunya menggunakan sensor mekanik, mechanical mouse, kini telah berkembang ke model optical mouse. Ini merupakan perkembangan yang sangat pesat.


Kekurangan-kekurangan yang menjadi kendala pada mechanical mouse dapat diatasi dengan baik oleh optical mouse ini. Dari segi kegunaan, mouse keluaran terdahulu umumnya hanya didedikasikan untuk keperluan memilih item dalam komputer melalui klik. Namun jika Anda cermati, kini banyak mouse bertipe gaming baik memang untuk gaming ataupun reguler, dilengkapi dengan banyak tombol aksesoris seperti tombol untuk back, forward, dpi selection dan sebagainya, yang tidak ditemui pada mouse keluaran lawas.


Banyak dari kita tidak perhatian dengan device yang satu ini. Apa saja sebenarnya fungsi dari mouse dan jenis-jenisnya. Pada artikel ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai pengertian mouse beserta fungsi dan jenis-jenis mouse.



Alat Output Komputer

printer


Sejarah perkembangan printer

kecepatan tinggi. Printer dengan kecepatan tinggi ini telah dibangun oleh Remington Rand. Teknologi ini merupakan teknologi yang dibangun untuk Univac Computer. 

Pada tahun 1969 muncul teknologi printer laser yang disebut dengan EARS dan dibangun di Xerox Pali Alto Research. Pembuatan teknologi printer laser ini selesai pada tahun 1971. Jenis printer dikembangkan dengan menggunakan teknologi printer tradisional yang ditambah dengan laser. 

Di tahun 1976, kemudian IBM membuat IBM 3800 yang merupakan printer dengan teknologi printing kecepatan tinggi yang pertama yang dibangun dengan teknologi laser dan electrophotography. Printer ini disebut dapat melakukan printing hingga 100 kali setiap menitnya. 

Di tahun yang sama, 1976, muncul lagi sebuah teknologi printer yang baru yang disebut dengan printer inkjet seperti yang dikenal saat ini. Akan tetapi pengembangan printer ini membutuhkan waktu hingga 12 tahun agar printer inkjet ini bisa menjadi printer rumahan seperti saat ini. 

Di tahun 1992, muncul kembali sebuah teknologi printer baru yang disebut dengan teknologi deskjet inkjet printer. Jenis printer rini merupakan printer yang dirilis oleh Hewlett Packard dan merupakan sebuah printer 600 x 600 dot pertama yang ada di dunia.

sumber :https://www.amesbostonhotel.com/pengertian-printer/

Berikut detail penjelasan tentang Alat out put komputer:




Komentar